Telp/ Whatsapp

082157195925

Email

cv.bloramustikair@gmail.com

Jasa Sondir Jogja

Tips & Informasi

Sudah mengurus legalitas lahan serta memiliki data lengkap terkait lokasi, bentuk, luas dan topografi lahan? Jika sudah, maka selangkah lagi Anda bisa memulai proses desain bersama arsitek. Selamat! Kini, Anda hanya perlu melakukan tes sondir yang penting dilakukan agar bangunan rumah tinggal kokoh dan aman. Tapi sebelum itu, tahukah Anda apa itu tes sondir dan apa kegunaannya? Sebagai Jasa Sondir Tanah Jogja yang profesional, kami dengan senang hati berbagi info penting ini untuk Anda.

Kami tahu, Anda pasti ingin memiliki rumah yang tak hanya indah dan nyaman, tapi juga kokoh dan aman. Tapi, tak banyak yang tahu bahwa kekokohan dan keamanan bangunan tidak ditentukan dari besaran bangunan, ketinggian gerbang hingga keberadaan CCTV dan pos satpam, tapi dari jenis dan ukuran struktur bangunan. Lalu apa hubungannya dengan tes sondir?

Dalam hal ini, kecocokan antara kondisi tanah dengan pilihan pondasi yang digunakan pada bangunan-lah yang menentukan apakah suatu bangunan bisa disebut kokoh dan aman atau tidak. Karenanya untuk mengetahui kondisi dan jenis tanah, perlu dilakukan tes sondir terlebih dahulu agar arsitek dan tim struktur bisa menentukan jenis pondasi bangunan yang sesuai.

Pengertian Sondir Tanah

Saat berencana mendirikan sebuah bangunan, pertama-tama diperlukan tes untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras sebagai patokan untuk menentukan jenis pondasi bangunan.  Tes inilah yang disebut tes sondir.  Tes sondir dilakukan jika bangunan yang akan dibangun merupakan bangunan bertingkat, namun bukan tergolong ke dalam high rise building.

Potensi Penurunan Pondasi

Manfaat Sondir Tanah Jogja

1. Lolos pembuatan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Bila Anda berencana membangun rumah atau bangunan bertingkat, maka Anda wajib melakukan tes sondir karena tes sondir masuk dalam syarat wajib pembuatan IMB bagi bangunan bertingkat.

Jika bangunan yang hendak dibangun memiliki jumlah tingkat lebih dari 2 dan kurang dari 10, maka tes sondir perlu dilakukan. Sedangkan bila bangunan yang dibangun punya lebih dari 10 tingkat (high rise building) maka lakukan tes boring alih-alih tes sondir.

2. Mengetahui daya dukung tanah dan kedalaman lapisan tanah keras

Tes sondir dilakukan untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras. Tiap area tanah pada lahan bisa memiliki jenis atau karakteristik tanah yang berbeda, pun posisi kedalaman lapisan tanah kerasnya juga bisa jadi berbeda pula. Karenanya perlu dilakukan tes sondir menggunakan alat sondir yang dioperasikan oleh ahli sipil agar hasilnya akurat.

Untuk lahan seluas 200 m2, diperlukan 3x tes sondir di titik berbeda sebagai sampling. Sedangkan untuk lahan seluas lebih dari 200 m2, diperlukan 3x tes sondir atau lebih dan dianjurkan agar tes dilakukan sejumlah angka ganjil (5, 7, 9 dan seterusnya). Tes sondir sebaiknya dilakukan di titik-titik yang berjauhan agar mendapat data kondisi dan daya dukung tanah yang lebih akurat.

3. Menentukan jenis pondasi yang cocok

Setelah melakukan tes sondir, akan didapat data berisi jenis, karakteristik hingga posisi kedalaman lapisan tanah keras pada lahan. Data tersebut kemudian diberikan pada konsultan arsitek handal seperti Emporio Architect agar arsitek serta ahli struktur bisa menghitung dan merancang desain rumah yang struktur dan konstruksi bangunannya cocok dengan kondisi lahan. Dengan begitu, bangunan pun jadi lebih kuat, aman dan efektif karena jenis pondasi hingga ukuran strukturnya sesuai dengan fungsi bangunan serta karakter tanah pada lahan.

Jasa Sondir Tanah Jogja

Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda menyadari pentingnya tes sondir untuk menentukan jenis dan ukuran struktur bangunan, bukan? Informasi dan Inkuiri Jasa Sondir Tanah Jogja, hubungi kami pada:

Share This :