October 03 2018 0Comment

Menentukan Kedalaman Minimal Sumur Bor

Sumber mata air jernih tidak dapat dicapai dengan menentukan kedalaman tertentu dalam membuat sumur bor.
Letak geografis yang berbedalah yang menyebabkan perbedaan terdapatnya sumber mata air jernih layak konsumsi dan sangat wajar bila hal tersebut mempengaruhi seberapa dalam sumur bor harus dibuat pada wilayah tertentu.
Umumnya pada kedalaman pengeboran sumur dengan rata – rata kedalaman diantara 6 m sampai pada 10 meter kita akan menemukan sumber mata air berkualitas sedang pada daerah dataran rendah
Masih adanya unsur – unsur air resapan pada seputaran wilayah pengeboran sumur yang menjadi sebab kualitas mata air sumber tanah belum memiliki standar kualitas bagus pada kedalaman tersebut.
Kita akan mendapatkan kualitas sumber air yang sangat buruk pada wilayah yang memang merupakan daerah rawan banjir meskipun pada kenyataannya kita tidak akan sulit untuk mendapatkan sumber mata air sumur bor pada tanah namun tentu saja kualitasnya kurang baik untuk air konsumsi.
Sumber air tanah dengan kualitas sangat baik dan layak untuk konsumsi bisa kita temukan pada daerah dataran tinggi, untuk mencari lokasi sumber air tanah lebih sulit dibandingkan dengan lokasi pada daerah dataran rendah kalaupun kita menemukan lokasi untuk pengeboran sumur biasanya akan membutuhkan kedalaman lebih dari 20 meter itupun terkadang sumber air yang didapatkan belum maksimal.

Sumur bor untuk air berkualitas baik 

Dimanapun lokasinya baik itu di dataran rendah maupun dataran tinggi, kita bisa mendapatkan sumber air tanah dengan kualitas air yang baik pada sumur bor bila kita menggunakan teknis yang benar.
Pengetahuan struktur setiap lapisan tanah untuk pembuatan lubang pengeboran sangat penting dimiliki oleh orang yang memiliki keahlian sebagai pengebor sumur bor, temukan pula cara untuk mendapatkan sumber air tanah yang baik pada laporan kami.

Sumur bor yang dibuat pada daerah dataran rendah.

Untuk mendapatkan air tanah yang layak untuk konsumsi pada lapisan tanah di daerah dataran rendah memerlukan perhatian yang khusus karena pada daerah ini hanya pada kedalaman 4 meter hingga 10 meter saja sudah dapat menemukan sumber air yang diperlukan namun tentu saja perlu diperhatikan apakah pada kedalaman tersebut air yang didapatkan masih bercampur dengan lumpur tanah atau tidak karena bila masih bercampur dengan lumpur dapat dipastikan kualitas air sangat buruk untuk itu diperlukan pengeboran lubang sumur bor yang lebih dalam lagi hingga sampai pada lapisan tanah yang berbatu atau bertanah keras ( batu cadas ).
Pada daerah dataran rendah, sumber air yang berada di lapisan atas akan kita abaikan karena memiliki resiko yang lebih besar terhadap adanya pencemaran lingkungan sekitar maupun masih bercampur dengan lumpur sehingga diperlukan usaha untuk memperdalam lagi pengeboran hingga mencapai lapisan bawah untuk mendapatkan sumber air yang bagus dari sumur bor yang kita buat sehingga lebih murah karena tidak harus melakukan pengeboran ulang atau memperbaiki sumber air yang kurang bagus airnya.
Pipa casing yang dipasang pada lubang sumur bor merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari adanya pencemaran yang terjadi pada sumber air sehingga tidak bercampur dengan lumpur di dalam tanah juga digunakan sebagai anti pencemaran dari lingkungan seekitar terutama pada lapisan atas sumber air dengan cara dipasangkan melebihi kedalaman dari batas lapisan tanah yang bercampur lumpur. Untuk memasang pipa casing yang baik bisa Anda baca pada ulasan saya berikut ini.

Pembuatan sumur yang baik pada daerah dataran tinggi 

Kualitas air tanah pada lokasi pembuatan sumur bor di daerah dataran tinggi memang memiliki kualitas yang jauh lebih baik apabila kita bandingkan dengan kualitas air tanah yang berada pada daerah dataran rendah namun pada daerah dataran tinggi memiliki tingkat kesulitan yang lebih rumit dibandingkan pada lokasi dataran rendah serta pembiayaan yang lebih mahal seperti penjelasan saya pada bab awal artikel ini.
Pemasangan pipa casing pada lubang sumur bor di daerah dataran tinggi lebih ditujukan untuk mengurangi kerusakan yang biasanya diakibatkan oleh adanya longsoran tanah, kerikil maupun batu yang dapat merusak lubang sumur itu sendiri sehingga sudah bukan lagi semata – mata untuk mengurangi pencemaran maupun adanya campuran tanah lumpur karena kualitas air tanah pada daerah ini umumnya berkualitas sangat baik namun lebih ke keamanan, karena memang di wilayah dataran tinggi memiliki resiko untuk mengalami hal ini.
Pengeboran sumur yang terlalu dalam bukan merupakan suatu hal yang lebih baik namun dapat mengakibatkan bencana berupa tidak keluarnya air tanah ke permukaan atau air yang keluar sedikit, hal tersebut diakibatkan karena pengeboran yang terlalu dalam justru menembus lapisan dalam tanah yang kosong sehingga berakibat air tanah yang ada justru masuk ke dalam tanah itulah pentingnya ahli sumur bor untuk memahami tehnis tentang lapisan tanah.
Sebagai ukuran yang paling baik sesuai dengan pengalaman kami adalah kualitas air tanah yang terbaik bisa didapatkan pada air yang berada pada lapisan tanah yang berbatu ataupun bertanah cadas untuk itu perlu diperhatikan agar tidak melebihi kedalaman pada lapisan tanah bila telah menemui lapisan tanah bagian ini. Anda dapat juga membaca lebih jauh tentang pompa air terbaik untuk sumur dalam.

info-harga-jasa-bore-pile-bor-sumur-sondir-geolist